Rabu, 30 Mei 2012

Gebyar Wisuda Purnawiyata MAN 1 Kalibawang Tahun Pelajaran 2011/2012


Gebyar Wisuda Purnawiyata MAN 1 Kalibawang 
Tahun Pelajaran 2011/2012


Wisuda Purnawiyata MAN 1 Kalibawang Tahun Pelajaran 2011/2012

Sebagai tindak lanjut dari pengumuman kelulusan Ujian Nasional yang telah dilaksanakan serentak pada Sabtu, 26 Mei 2012 yang lalu, MAN 1 Kalibawang mengadakan kegiatan Wisuda Purnawiyata bagi siswa-siswa yang berhasil lulus pada Tahun Pelajaran 2011/2012 ini. Bertempat di halaman upacara, wisuda berlangsung dengan suasana yang hikmat  namun ramai.
Pada tahun pelajaran ini, MAN 1 Kalibawang meluluskan seratus persen (100%) dari seluruh siswa kelas XII program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berjumlah 18 siswa. Adapun untuk  kelas XII program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), siswa yang berhasil lulus sebesar 96.88% atau 31 dari 32 siswa. Satu siswa harus mengulang Ujian Nasional pada tahun pelajaran yang akan datang.
Selain dihadiri oleh orang tua/wali siswa kelas XII IPA/IPS, wisuda juga dihadiri oleh para tamu undangan yang terdiri atas Camat Kalibawang, Drs. Nur Wahyudi, MM, Kapolsek Kalibawang, Danramil Kalibawang, Kepala KUA Kalibawang, Kepala Desa Banjaroya, Dukuh Pantog Wetan, Koordinator Penyuluh Agama Kalibawang, Pengawas Pendidikan Agama Islam Kecamatan Kalibawang dan seluruh pengurus Komite Madrasah.
Hadir juga Kepala SMK Maarif Kalibawang, Wakil Kepala SMPN 1 Kalibawang, Wakil Kepala SMPN 2 Kalibawang dan para pengurus OSIS SMP negeri dan swasta se-kecamatan Kalibawang.
Hal yang menarik adalah pembawa acara menggunakan tiga bahasa untuk memandu jalannya wisuda yaitu bahasa Jawa, Inggris, dan Arab. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan bacaan ayat-ayat suci Alquran. Kirab wisudawan dengan pemandu berbahasa Jawa Kram Hinggil saat memperkenalkan nama, alamat, nama orang tua, dan prestasi menjadikan suasana Jawa yang sangat kental.
Setelah kirab dilanjutkan wisuda yang dilakukan oleh Kepala MAN 1 Kalibawang, Drs. Suharyanto, MA. Drs. Suharyanto mewisuda tiga wisudawan yang terbaik yaitu peringkat pertama – Kholwani Andari, peringkat kedua – Shofa Rahayu dan peringkat tiga – Nofa Anisah. Dilanjutkan oleh wali kelas XII IPA, Sudrajat, S.Pd, wali kelas XII IPS1, Tri Agung Nugroho, S.Pd, dan wali kelas XII IPS2, Umyun Khabbibah, S.Ag.
Kepala MAN 1 Kalibawang, Drs. Suharyanto, MA mewisuda siswa kelas XII
Dalam sambutannya, Kepala MAN 1 Kalibawang, Drs. Suharyanto, MA, menyampaikan rasa syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas keberhasilan putra-putrinya MAN 1 Kalibawang. Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada para orang tua/wali siswa, bila selama putra-putri mereka belajar di MAN 1 Kalibawang merasa ada hal-hal yang mengganjal di hati akan tetapi pihak madrasah sudah berusaha semaksimal mungkin demi keberhasilan kegiatan belajar mengajar misalnya dengan melengkapi buku-buku perpustakaan, sarana praktikum IPA, computer, laboratorium bahasa, alat-alat olahraga, sampai pada pendukung ekstra kurikuler seperti alat musik dan marching band, juga hotspot area yang memungkinkan siswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensinya. Semua itu menghabiskan dana yang tidak sedikit. Drs. Suharyanto, MA berharap agar para lulusan MAN 1 Kalibawang dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi atau dapat bekerja atau bahkan dapat membuka lapangan kerja setidaknya buat dirinya sendiri.
Kepala madrasah menyerahkan seluruh siswa kelas XII kepada para orang tua/wali siswa melalui ketua komite madrasah, Yasin Sodik. Yasin Sodik menerima dengan baik semua lulusan MAN 1 Kalibawang, dan mengucapkan terima kasih atas pengajaran, pendidikan, bimbingan dan pengarahan oleh pihak madrasah. Semoga amal ibadah para guru dan pegawai menjadi amal jariah yang bermanfaat dan meminta para wisudawan untuk tetap mengingat semua guru atas jasa-jasa mereka. Ia pun menawari para lulusan yang ingin belajar untuk bekerja bidang las besi dapat menggunakan fasilitas atau bengkel yang ia miliki.
Wisuda Purnawiyata MAN 1 Kalibawang Tahun Pelajaran 2011/2012

 

H. Yasin Sodik Ketua KOmite MAN 1 Kalibawang menerima penyerahan siswa kelas XII

Sementara itu Camat Kalibawang dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para wisudawan. Satu hal yang paling penting bagi para wisudawan adalah untuk selalu mengingat guru-guru dan tidak melupakan mereka. Karena guru adalah orang tua yang kedua setelah orang tua sendiri. Ia juga menyampaikan hendaknya wisudawan dapat menempatkan diri di tengah-tengah masyarakat dengan sebaik mungkin. Kelulusan adalah awal mula membuka kehidupan yang sebenarnya. Wisudawan diminta untuk selalu menjaga nama baik almamater dan para guru.
 
                            Camat Kalibawang, Drs. Nur Wahyudi memberikan sambutan
Sementara itu, Sumardi, S.Pd yang didaulat untuk mewakili orang tua/wali murid merasa terharu dengan suasana wisuda. MAN 1 Kalibawang akan selalu dikenang. Ia merasa terharu saat salah seorang tua siswa mengatakan menyekolahkan anak di MAN 1` Kalibawang seperti “mengubah kerbau menjadi kancil”. Beliau juga menyampaikan terima kasih atas bimbingan dan pendidikan yang diberikan madrasah selama ini, demikian juga, segala bentuk beasiswa yang sangat meringankan beban orang tua. Beliau juga menyinggung hasil infak, dan sedekah guru dan pegawai yang dikelola madrasah. Akhirnya Sumardi, S.Pd. berharap semoga MAN 1 Kalibawang semakin berjaya di tahun-tahun yang akan datang.
         Sumardi, S.Pd mewakili orang tua siswa kelas XII memberikan kesan dan pesan

Dalam acara Wisuda Purnawiyata, Kepala MAN 1 Kalibawang, Drs. Suharyanto, MA secara pribadi memberikan penghargaan kepada para wisudawan, yaitu wisudawan terbaik jumlah nilai Ujian Nasional: Kholwani Andari (47.50), Shofa Rahayu (47.10), dan Septiyani Andrianingtyas (47.10).
        Kepala KUA Kalibawang, Chomarul Zaman, S.Ag menyerahkan penghargaan

Peraih prestasi akademik karena menjadi duta MAN 1 Kalibawang diserahkan kepada Toni Andita (XII IPS1) menjadi juara tiga olimpiade geografi Madrasah Aliyah seprovinsi DIY tahun 2011. Peraih prestasi non-akademik diberikan kepada Tiya Indrayani karena mengharumkan nama MAN 1 Kalibawang sebagai juara bola volley putri tingkat Madrasah Aliyah se-Kabupaten Kulon Progo dalam Hari Amal Bakti Kementerian Agama Tahun 2012, Datu Apriliana dalam Musabaqah Tilawatil Quran untuk Musabaqah Fahmil Quran tingkat kabupaten Kulon Progo, dan Yuli Septiyana dalam Musabaqah Khothul Quran.
                                Kapolsek Kalibawang menyerahkan penghargaan
Penghargaan dan hadiah juga diberikan kepada tiga juara kelas XII IPA yaitu Kholwani Andari, Shofa Rahayu, dan Nova Anisah), XII IPS 1 (Sugiyarti, Septyani Andrianingtyas, dan Toni Andhita), dan XII IPS 2 (Beti Fitriyana, Siti Choirun Amala, Muhammad Ridlwan Ali). Drs. Ismiyono, selaku pribadi, memberikan hadiah kepada dua orang peraih nilai tertinggi nilai Ujian Nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia atas nama Shofa Rahayu dan Kholwani Andari. Sugiyanta, S.Ag, M.Pd memberikan hadiah kepada dua wisudawan peraih nilai tertinggi mata pelajaran Bahasa Inggris atas nama Kholwani Andari dan Shofa Rahayu.

 Sugiyanta, S.Ag, M.Pd memberikan kenangan kepada peraih terbaik nilai UN bahasa Inggris

   Drs. Ismiyono memberikan kenangan kepada peraih nilai terbaik UN bahasa Indonesia

Wisuda Purnawiyata dimeriahkan oleh hiburan berupa hadrah yang dipersembahkan oleh para siswa kelas X dan XII, parodi pelajaran oleh kelas XI IPS1, drama Rama Sinta oleh kelas XI IPA, lagu oleh para siswa dan juga oleh guru.  
Hadrah MANSAKA

1 komentar: